ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA KRISTEN PAYETI SUMBA TIMUR

Beatrix Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini dirancang untuk untuk memperoleh informasi mengenai pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran matematika dan hambatan yang dihadapi guru dalam memanfaatkan sumber belajar. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru matematika Skolah Menengah Atas Kristen Payeti Sumba Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran berupa pesan, manusia, metode dan lingkungan termasuk kategori cukup baik sedangkan pemanfaatan sumber belajar bahan dan alat masih tergolong kurang dan jarang. Dari keseluruhan sumber belajar yang paling dominan digunakan yaitu guru dan buku paket. Hambatan yang dihadapi guru dalam memanfaatkan sumber belajar antara lain keterbatasan pembaharuan berbagai jenis sumber belajar yang dapat dimanfaatkan, keterbatasan waktu, keterbatasan skill dan pengalaman yang dimiliki dalam pemanfaatan sumber belajar yang sesuai dengan kompetensi dasar, dan keterbatasan usia maupun waktu yang dibutuhkan oleh guru.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.