PENGARUH KECEMASAAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP

Arief Rahman Hakim

Abstract


Kecemasan matematika adalah bentuk respon emosional peserta didik saat mata pelajaran matematika, berkembangnya gejala kecemasan matematika pada peserta didik sangat mengkhawatirkan sehingga faktor ini sangat layak untuk dikaji. Studi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap konsep matematika siswa. Populasi terjangkau adalah siswa kelas VII tahun ajaran 2017 / 2018 negeri di kabupaten Kediri. Besar sampel sebanyak 85 siswa, dengan teknik sampling menggunakan random sampling. Instrument yang dalam penelitian ini yaitu  angket kecemasan matematika yang terdiri dari 33 pertanyaan dan angket konsep matematika berbentuk pilihan ganda sebanyak 34 soal, yang telah di uji validitas nya. Setelah data di peroleh, data akan di analisis secara deskriptif dan data akan diuji oleh uji statistik berupa uji regresi. Hasil uji hipotesis menghasilkan hubungan positif yang signifikan antara kecemasan matematika terhadap konsep matematika siswa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.