PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF ‘LINGSATRIGO’ DALAM MEMAHAMI KONSEP PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

Apriliana Tezha Eka Faradina, Abdul Qohar

Abstract


Media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat mempermudah siswa dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit. Dalam hal ini yaitu media pembelajaran manipulatif. Media pembelajaran manipulatif merupakan alat bantu pembelajaran untuk mempermudah memahami konsep matematika bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran manipulatif ‘LINGSATRIGO’ dalam memahami konsep perbandingan trigonometri. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Media pembelajaran manipulatif dalam penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan langkah-langkah model Borg dan Gall yaitu terdiri dari analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, dan uji coba produk. Data yang didapatkan dari kegiatan validasi dan uji coba kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan. Untuk menentukan kevalidan media, dilakukan perhitungan skor yang diperoleh dari lembar validasi dan kepraktisan diperoleh dari hasil uji coba pada mahasiswa melalui peerteaching dengan memberikan angket siswa. Hasil validasi media pembelajaran menunjukkan skor 3,45 itu berarti bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid. Hasil angket siswa menunjukkan skor 3,44 itu berarti bahwa media pembalajaran yang dikembangkan praktis. Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran, media pembelajaran ‘LINGSATRIGO’ yang telah dikembangkan memungkinkan siswa untuk terlibat aktif dalam mengkonstruksi pemahaman kosep tentang perbandingan trigonometri.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.