PROSES BERPIKIR HOTS PADA SISWA SMP DI PAKIS KABUPATEN MALANG

Agasta Khoirul Fadzilah

Abstract


”Higher Order Thinking Skill” (HOTS) adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jika ditinjau dari ranah kognitif pada Taksonomi Bloom, berada pada level analisis, sintesis, dan evaluasi. Untuk melaksanakan penilaian ini, guru memerlukan instrumen penilaian dalam bentuk soal-soal yang mengembangkan HOTS. Contoh kebiasaan berpikir yang dapat dikembangkan melalui tugas-tugas yang secara kognitif adalah kebiasaan berpikir secara interdependent, kebiasaan memeriksa akurasi, kegigihan, dan berpikir fleksibel. Ujian Nasional (UN) merupakan tolak ukur standar nasional dalam mencapai peningkatan kualitas peserta didik, maka pastilah terdapat komponen soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teknik analisis data pada penelitian ini ada tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Banyak lembaga yang mengeluhkan adanya soal HOTS yang membuat nilai rata2 UN siswa menurun. Hasil dan pembahasan menyimpulkan bahwa tugas atau soal yang sulit secara kognitif tersebut umumnya berbentuk soal higher order thinking skills. Cara berpikir dan karakter ini juga dapat digunakan siswa dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.