PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Abidah Yanuar Rohmatin, Abdul Qohar

Abstract


Media pembelajaran dianggap efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, menuntut para guru untuk mampu mengembangkan keterampilan dalam membuat media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran visual tiga dimensi yaitu scrapbook. Mengembangkan media pembelajaran scrapbook matematika pada materi segiempat dan segitiga merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang meliputi define (mendefenisikan), design (merancang), develop (mengembangkan) tanpa melakukan disseminate (penyebarluasan). Kelebihan menggunakan media pembelajaran scrapbook matematika yaitu mampu membangkitan minat siswa untuk belajar matematika. Kelebihan lainnya materi-materi pada media yang diintegrasikan memungkinkan siswa memperoleh pengalaman belajar yang menarik karena lebih iteraktif. Penelitian pengembangan yang dilakukan telah menghasilkan media pembelajaran scrapbook matematika yang valid dan praktis. Persentase kevalidan sebesar 85% dan kepraktisan sebesar 87,5%. Penelitian juga menunjukkan bahwa media mampu menunjang kegiatan belajar siswa serta memotivasi siswa dalam belajar. Hasil penelitian pengembangan menyarankan agar guru mampu membuatkan media pembelajaran pada setiap materi karena dengan begitu siswa akan terlibat langsung serta aktif dalam proses pembelajaran.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.