PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBANTUAN KONSEP DAN SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT

Achmad Syahirulalim

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas pendidik dan aktivitas  peserta didik pada pembelajaran pertidaksamaan  kuadrat dengan menggunakan bantuan konsep dan scaffolding sebagai bantuan penjelasan untuk memudahkan peserta didik belajar mandiri dan sebagai evaluasi diri pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran.   Adapun   proses dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, melakukan tes diagnostik untuk mengetahui letak kesulitan   peserta didik pada materi pertidaksamaan kuadrat. Kedua, melakukan wawancara dengan subjek untuk mengklarifikasi letak kesulitan dari hasil tes diagnostik dan mengetahui kesulitan lain yang belum terungkap.  Ketiga, melakukan wawancara dan memberikan penguatan konsep dan scaffolding untuk membantu menyelesaikan kesulitan subjek dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pertidaksamaan kuadrat. Keempat, memberikan tes akhir untuk mengetahui keberhasilan proses penguatan konsep dan scaffolding yang dilakukan. Kelima, analisa data dan penyusunan laporan hasil penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar atau modul yang dilengkapi penguatan konsep dan scaffolding pada pembelajaran pertidaksamaan kuadrat sangat bermanfaat pada aktivitas mengajar pendidik dan belajar peserta didik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.