ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DI LUAR KELAS

Abdul Wahab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita SPLDV berdasarkan pada tahapan Polya di luar kelas. Penyelesaian soal cerita berdasarkan langkah Polya terdiri dari empat tahap, yaitu memahami soal, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah dengan metode tes. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII   MTs. As-salam Giligenting Sumenep. Kategori kemampuan pemecahan masalah siswa dibedakan menjadi tiga yakni siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah  tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berdasarkan tahapan polya memiliki kategori sebagai berikut: 1) Kemampuan pemecahan siswa dengan kemampuan tinggi, siswa mampu menyelesaikan soal SPLDV sesuai dengan indikator pemecahan masalah dan mengikuti langkah-langkah dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan tahapan Polya, yakni memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan perencanaan pemecahan masalah dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh; 2) Kemampuan pemecahan siswa dengan kemampuan sedang, karena siswa menyelesaikan soal SPLDV cukup sesusai indikator pemecahan masalah meskipun jawaban akhirnya tidak tepat. Hal ini dapat dilihat pada inidikator pemecahan masalah point ke 5 yakni siswa tidak  menerapkan matematika secara bermakna dan siswa menyelesaikan soal SPLDV sampai pada tahap 3 dengan tahapan polya. Sendangkan tahap memeriksa kembali solusi yang diperoleh tidak lakukan oleh siswa; dan 3) Kemampuan pemecahan siswa dengan kemampuan rendah, karena kurang mampu menyelesaikan soal SPLDV dengan benar. Sehingga tidak menemukan jawaban. Hal ini dapat dilihat pada indikator pemecahan masalah point ke 3, 4, dan 5. Sedangakan pada tahapan Polya siswa menyelesaikan soal SPLDV sampai pada tahap pertama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.