KEEFEKTIFAN PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH MELALUI QUIPPER SCHOOL UNTUK BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SMAN 2 BALIKPAPAN

Yulfitri Yulfitri

Abstract


Penelitian dirancang untuk mendapatkan informasi secara lengkap mengenai keefektifan dan aktifitas siswa dalam mengerjakan tugas melalui Quipper School di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Balikpapan. Penelitian di desain menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif untuk memperoleh informasi tentang keefektifan pemberian tugas melalui Quipper School. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 dan guru matematika yang memanfaatkan layanan Quipper School. Data yang valid diperoleh melalui instrumen: observasi, angket siswa, dan angket guru. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa aktifitas yang dilakukan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah/tugas melalui Quipper School meningkat dan guru sangat dimudahkan dalam menyiapkan pekerjaan rumah/tugas secara rutin. Hal ini terjadi setelah peneliti mengkaji situasi dan keadaan yang terjadi yaitu antusiasme siswa dalam menjawab soal-soal dalam Quipper School serta kemudahan guru dalam mengamati aktifitas siswa, baik berupa persentase siswa dalam menjawab soal, persentase soal-soal yang dikatakan sulit dalam kelas serta nilai yang diperoleh siswa dalam setiap aktifitas.Kata kunci: keefektifan, tugas, quipper school.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.