PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 5 AMAHAI

Suhartini Sumadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber belajar yang digunakan di SMP Negeri 5 Amahai, penggunaannya dalam proses pembelajaran dan sumber belajar yang efektif selama proses pembelajaran matematika. Tahap penelitian meliputi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesasian. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan wawancara tak terstruktur dan mengumpulkan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diproses dalam bentuk yang sederhana agar mudah dibaca, dengan memberikan penafsiran terhadap data-data yang ada melalui wawancara dan dokumentasi. Setelah itu, data-data tersebut dianalisa dan kemudian disajikan sesuai dengan tujuan dan rumusan masalah pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar yang digunakan di SMP Negeri 5 Amahai adalah buku pelajaran matematika, media dan lingkungan sekitar. Buku pelajaran matematika selalu digunakan pada setiap proses pembelajaran. Media pembelajaran digunakan sesuai dengan materi. Lingkungan sekitar selalu digunakan jika peserta didik mengalami kesulitan pada materi yang diajarkan. Penggunaan sumber belajar lingkungan sekitar tidak harus direncanakan terlebih dahulu. Antara ketiga sumber belajar tersebut, sumber belajar yang efektif pada SMP Negeri 5 Amahai adalah lingkungan sekitar.                                                                                                     Kata kunci: sumber belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.