EFEKTIVITAS PEMBELAJARANMATEMATIKA DI SMP NEGERI 9 KEMBUR

Very Etika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika di SMP Negeri 9 Kembur. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 9 Kembur dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru matematika dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu efektivitas pembelajaran matematika di SMP Negeri 9 Kembur sangat rendah. Hal ini terbukti bahwa proses pembelajaran matematika tidak efektif karena guru sering tidak masuk sekolah. Apabila guru masuk sekolah proses pembelajaran tidak pernah menggunakan berbagai macam metode, strategi dan sarana penunjang pembelajaran matematika menarik yang dapat melibatkan peserta didik untuk belajar matematika secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.Selama pembelajaran matematika peserta didik hanya mencatat dari buku paket. Materi yang diterima peserta didik tidak maksimal. Peserta didiktidak dapat memahami dan menguasai setiap materidengan maksimal. Peserta didik juga tidak pernah mendapat tugas rumah dari guru, Sehinggahasil belajarpeserta didik yang diperoleh dari ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), dan ujian akhir sekolah jauh di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Kata Kunci:efektifitas pembelajaran, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.