ANALISIS PENYELESAIAN DAN KESALAHAN SISWA DALAM MASALAH BENTUK ALJABAR

Tolifil Machfudin

Abstract


Pendidikan membuat seseorang melakukan proses belajar. Pemahaman merupakan aspek yang sangat mendasar dan penting dalam pendidikan matematika, agar manfaat matematika dapat dirasakan dalam kehidupan sehari – hari. Sebagai pengajar kita harus memahami bahwa tugas pendidikan matematika adalah untuk menjelaskan proses berpikir siswa dalam mempelajari matematika dan bagaimana pengetahuan matematika itu diinterpretasi dalam pikiran dengan tujuan memperbaiki pengajaran matematika di sekolah. Dalam peneliti ini, peneliti ingin mengungkapkan bagaimana kecenderungan siswa dalam menyelesaikan masalah bentuk aljabar, mulai dari memahami masalah, menyelesaikan masalah dan juga kesalahan umum yang dilakukan oleh siswa dalam proses penyelesaiannya tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) dalam menyelesaikan masalah bentuk aljabar, siswa cenderung bekerja struktural, 2) siswa tidak memahami soal secara menyeluruh, 3) siswa belum mampu mengkoneksikan dengan pengetahuan sebelumnya, 4) siswa kurang memikirkan langkah yang akan diambil untuk menyelesaikan soal. Selain itu, berikut kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa 1) Kesalahan tanda, 2) Siswa tidak menulis langkah penyelesaiannya, 3) Siswa tidak memahami soal, 4) Kesalahan dalam menentukan langkah selanjutnya, 5) Kesalahan operasi.Kata Kunci:  Aljabar, Analisis, Kesalahan, Penyelesaian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.