PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT SAAT DISKUSI TENTANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI COOPERATIF LEARNING NUMBER HEAD TOGETHER

Suseno Wisnu Broto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan  siswa dalam  menyampaikan pendapat dengan metode cooperative learning number head together. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII Teknik Otomotif  1 SMKN 1 Panggungrejo sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan  untuk  pengumpulan data pada penelitian ini adalah: observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi. Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa dalam pembelajaran kooperatif dengan model cooperative learning number head together, ada peningkatkan  keaktifan  siswa dalam menyampaikan pendapat saat diskusi kelompok  pada siswa kelas XII Otomotif 1 SMKN 1 Panggungrejo. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan skor keaktifan siswa dari 2,63 pada siklus I menjadi 3,63 pada siklus II , yaitu dari kategori cukup baik menjadi kategori baik. Belajar dengan menggunakan metode cooperative learning number head together dapat meningkatkan  hasil  belajar  matematika  pada  siswa kelas XII Otomotif 1 SMKN 1 Panggungrejo, yaitu dari rerata pekerjaan siswa 7,55 menjadi 8,78. Hal ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan.Kata kunci: Keaktifan, Cooperative Learning, Number Head Together

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.