PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI EDUTAINMENT KARTU INTEGRAL DALAM MERUBAH SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA

Tri Wahyu Suciati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa dan hasil belajar siswa setelah  diterapkan metode demonstrasi edutainment “kartu integral”  pada materi Integral di kelas XII TOT-1 SMKN 2 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menghasilkan dan mengolah data yang bersifat deskriptif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode yaitu dokumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru bidang studi matematika, observasi dan wawancara. Kebenaran wawancara diyakinkan melalui triangulasi sumber yaitu guru bidang studi dan dua siswa yang terlibat dalam pembelajaran ini. Hasil penelitian ini menunjukkan sikap siswa yang positif yakni senang terhadap pembelajaran dan memacu siswa lebih aktif dalam pembelajaran begitu juga dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan metode demonstrasi edutainment kartu integral  pada materi integral tampak perubahan yang cukup berhasil karena sebagian besar siswa telah mencapai kompetensi dasar atau indikator, hal ini tampak pada buku nilai siswa yang dimiliki guru dimana siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar 91%.Kata kunci:  Metode demonstrasi edutainment, kartu integral, sikap siswa, hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.