PENERAPAN ASSESMENT FOR LEARNING MELALUI PENILAIAN TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERSAMAAN LINGKARAN DI SMK NEGERI 1 TUREN TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015

Sri Hariana

Abstract


Matematika adalah ilmu penting dalam kehidupan, terbukti matematika diberikan pada semua jenjang pendidikan baik dasar, menengah maupun tinggi. Kenyataannya matematika dipandang siswa sebagai mata pelajaran yang sulit. Penilaian formatif banyak dilakukan guru tanpa disertai umpan balik. Salah satu jenis penilaian formatif adalah Assesment for Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) apakah pengaruh pembelajaran dengan Assesment for Learning melalui penilaian teman sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar persamaan lingkaran; 2) apakah kemampuan bekerja sama siswa berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar persamaan lingkaran dan 3) apakah penerapan Assesment for Learning melalui penilaian teman sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa persamaan lingkaran dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa SMK Negeri 1 Turen tahun pelajaran 2014 – 2015, dengan mengambil sampel kelas XI APK2 sebagai kelas control dan XI APK3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) pembelajaran dengan AfL melalui penilaian teman sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar persamaan lingkaran; 2) peningkatan prestasi belajar persamaan lingkaran paling tinggi terjadi pada siswa dengan kemapuan bekerja sama tinggi, dan 3) untuk semua tingkat kemampuan bekerja sama siswa, penerapan AfL melalui penilaian teman sebaya lebih meningkatkan prestasi belajar persamaan lingkaran dibandingkan dengan pembelajaran tanpa AfL.Kata Kunci:  Assesment for Learning, penilaian teman sebaya, prestasi belajar, persamaan lingkaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.