PENGGUNAAN MEDIA BENDA KEMASAN UNTUK MEMAHAMKAN MATERI VOLUME TABUNG, KERUCUT DAN BOLA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IX SMP PLUS DARUSSALAM KEDIRI

Niska Shofia

Abstract


Kesulitan siswa dalam mempelajari geometri terjadi pada materi volume tabung, kerucut dan bola pada jenjang Sekolah Menengah Pertama diduga disebabkan oleh metode pembelajaran guru yang hanya menjelaskan, menuliskan rumus, memberi contoh sesuai penjelasan dan memberikan tugas maupun soal-soal. Kerumitan materi yang disampaikan dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media yang digunakan peneliti adalah benda kemasan berupa kemasan kok badminton, kemasan susu bantal yang dibentuk kerucut, bola dan pasir. Penerapan pembelajaran inkuiri cocokĀ  untuk diterapkan, sehingga para siswa aktif untuk mengkontruksi atau membangun sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan media benda kemasan untuk memahamkan materi volume tabung, kerucut dan bola melalui pembelajaran inkuiri bagi siswa kelas IX SMP Plus Darus Salam Kediri. Langkah-langkah penggunaan media benda kemasannya melalui pembelajaran inkuiri adalah menggunakan dua macam benda kemasan tabung dengan ukuran yang berbeda (tabung A dan tabung B) untuk memahamkan materi volume tabung. Untuk memahamkan materi volume kerucut, menggunakan media kemasan tabung dan kerucut dengan jari-jari dan tinggi yang sama. Pada materi volume bola, menggunakan media kemasan kerucut dan bola dengan rkerucut = rbola dan tkerucut = 2x rkerucut. Kata kunci : media, volume tabung, kerucut dan bola, pembelajaran inkuiri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.