METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA MANDIRI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI DI SMP TERBUKA 1 KOTA MALANG

Sadimin Sadimin

Abstract


Pembelajaran matematika bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) terbuka 1 kota Malang dilaksanakan secara langsung dan tidak langsung, selain itu dilaksanakan juga melalui belajar mandiri. Metode belajar mandiri adalah bentuk pembelajaran dimana guru dan siswa melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawab yang esensial berbeda satu dengan yang lain, mengkomunikasikan dalam berbagai cara untuk tujuan memberikan kebebasan pada siswa melanjutkan belajar diluar sekolah.Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan metode pembelajaran matematika mandiri terhadap kemampuan siswa memahami materi di SMP Tebuka 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, data primer dikumpulkan melalui kuesioner, jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang, dan data dianalisis menggunakan analisis korelasi spearman rank untuk mengukur hubungan antara Metode Pembelajaran Matematika Mandiri Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Materi  Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa siswa jarang melaksanakan kegiatan belajar secara mandiri (56,67%), bahan yang dimiliki untuk belajar matematika kurang lengkap (63,33%), kesulitan belajar matematika sencara mandiri (43,33%), tidak ada yang membantu dalam mempelajari matematika secara mandiri (70%) dan masalah utama dalam belajar matematika mandiri adalah sibuk bekerja (76,67%).Terdapat hubungan yang signifikan antara Metode Pembelajaran Matematika Mandiri Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Materi  di SMP Terbuka 1 Kota Malang (sig 0,000 < 0,05). Hubungan Metode Pembelajaran Matematika Mandiri Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Materi  di SMP Terbuka 1 Kota Malang sebesar 0,878 atau 87,8%, artinya mempunyai hubungan yang sangat kuat.Kata Kunci :     Metode Pembelajaran Matematika, Belajar Mandiri, Kemampuan Memahami

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.