PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSSING PROBLEM BERKELOMPOK DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEMPUREJO SEMESTER GANJIL POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Riza Dwi Yuliandani

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dengan metode ceramah. Kemudian juga untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih tinggi. Pokok bahasan yang diambil dalam penelitian ini adalah Sistem Persamaan Linier. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Terpurejo. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dan E. penelitian ini menggunkana pendekatan kuantitatif penelitian ini adalah komparatif, dimana membandingkan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen dengan kelas control. Desain yang digunakan adalah True Eksperimen Desain. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Kemudian dilanjutkan mencari hasil belajar yang lebih tinggi melalui hasil ujian. Perhitungan dalam penelitian ini dilakukan dengan Uji-t adapun hasilnya adalah t-hitung adalah 1.877 dan t-tabel adalah 1.671 dengan taraf signifikan 5% diperoleh bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajara siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah. Dan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok menunjukkan lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah.Kata Kunci: model pembelajaran possing problem berkelompok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.