PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Ririn Dwi Agustin

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman mahasiswa pendidikan matematika dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan pemahaman mahasiswa pendidikan matematika dalam memecahkan masalah geoetri ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dua mahasiswa calon guru angkatan 2012 jurusan pendidikan matematika IKIP Budi Utomo Malang. Penentuan subjek dilakukan dengan memberkan tes gaya kognitif (MFFT) yang diadopsi dari Warli (2010). Berdasarkan hasil penelitian, terdapat kesamaan antara subjek reflektif dan impulsif, yaitu sama-sama berpemahaman formal ketika memahami masalah yang diberikan. Kedua subjek mengungkap apa yang diketahui dan yang ditanyakan, menyajikan konsep kesebangunan segitiga dan menggunakan notasi/simbol informasi apa yang diketahui dan serta apa yang dicari ke dalam bentuk gambar dan bahasa verbal. Subjek reflektif dan impulsif termasuk dalam kategori berpemahaman relasional ketika menyusun rencana pemecahan masalah. Kedua subjek tersebut menyusun rencana dengan mengingat masalah lain yang telah berhasil dipecahkan dan mirip dengan masalah yang diberikan. Selain itu, kedua subjek juga menghubungkan konsep-konsep yang ada pada masalah yang akan dipecahkan dengan konsep-konsep yang ada pada masalah yang berhasil dipecahkan. Perbedaan yang nampak adalah saat ini subjek reflektif dan subjek impulsif melaksanakan rencana dalam memecahkan masalah. Subjek reflektif melaksanakan rencana menjelaskan dengan runtut dan sistematis.Kata Kunci: masalah geometri, pemahaman, gaya kognitif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.