KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PROBLEM SOLVING

Retno Marsitin

Abstract


Kemampuan penalaran dan koneksi matematis dalam pemecahan masalah matematika merupakan kecakapan penting untuk dikuasai oleh mahasiswa, sehingga mampu menyelesaikan masalah matematika secara sistematis dan mampu untuk menginterpretasikan ke dalam bahasa lisan maupun tulisan yang mudah dipahami. Perguruan tinggi sebagai wadah formal terakhir diharapkan dapat memfasilitasi berkembangnya kemampuan penalaran dan kemampuan koneksi matematis dalam pemecahan masalah matematika. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik, dengan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika problem solving. Hal ini ditunjukkan oleh data yang diperoleh pada siklus dua yang telah memenuhi kriteria keberhasilan hasil belajar dan keberhasilan dalam proses pembelajaran yaitu tercapainya hasil belajar diperoleh mahasiswa dalam proses pembelajaran matematika problem solving sebesar 83.33%, dan kemampuan penalaran dengan ketercapaian 80% dan kemampuan koneksi matematis dengan ketercapaian 83.33%.Kata Kunci: penalaran, koneksi matematis, problem solving

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.