PEMANFATAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 KOTA BIMA

Nur Baeti

Abstract


Keberadaan perpustakaan saat ini menjadi sangat penting dengan diberlakukannya Kurikulum 2013. Diharapkan perpustakaan sekolah dapat menunjang proses pembelajaran di sekolah. Untuk itu perpustakaan sekolah perlu dikembangkan sehaingga dapat berfungsi sebagai sumber belajar bagi warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi matematika kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Kota Bima. Penelitian ini di fokuskan pada pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar matematika. Untuk memperoleh akurasi data yang valid dalam penelitian, peneliti menggunakan instrumen: Wawancara dilakukan menggunakan wawancara dengan guru kelas pengampu mata pelajaran matematika. Dokumentasi bertujuan untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan perpustakaan sekolah belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan perpustakaan diharapkan adanya kerjasama antara kepala sekolah, guru, peserta didik dan pengelola perpustakaan.Kata kunci: pemanfaatan, perpustakaan, sumber belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.