MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS TEORI BRUNER DALAM MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 REJOSO PASURUAN

Milasari Renaningtiyas

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research), yang dilaksanakan dua siklus dengan himpunan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Rejoso Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 36 orang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar matematika melalui metode penemuan terbimbing berbasis teori Bruner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dengan metode penemuan terbimbing berbasis teoriĀ  Bruner menunjukkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I ke siklus II yaitu 76 menjadi 82 dan meningkatnya nilai jumlah siswa yang tuntas belajar dari 69,5% menjadi 88,9%.Kata Kunci: hasil belajar, penemuan terbimbing, teori bruner

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.