PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 MI NURUL ISLAM TAJINAN KABUPATEN MALANG

Dyah Worowirastri Ekowati

Abstract


Pembelajaran tematik terpadu yang diterapkan di SD dalam kurikulum 2013 berlandaskan pada Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang menyebutkan, bahwa “Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi, maka prinsip pembelajaran yang digunakan dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu”. Pembelajaran tematik ini didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai dari beberapa mata pelajaran di atas.Kaitan konseptual antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga peserta didik akan memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan (holistik). Salah satunya yaitu konsep matematika tidak hanya dikenal sebagai rumus-rumus yang harus dihafal oleh siswa. Oleh karenanya, tujuan penulisan makalah ini yaitu mendeskripsikan hasil penelitian mengenai 1)pembelajaran yang dilakukan oleh Guru kelas 1 MI Nurul Islam Tajinan untuk memfasilitasi siswa belajar tentang konsep matematika dalam pembelajaran tematik; 2)penguasaan konsep matematika dalam pembelajaran tematik kelas 1 MI Nurul Islam Tajinan Kabupaten Malang.Kata Kunci:  Konsep Matematika, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.