PENGGUNAAN KEPING MUATAN UNTUK MENGENALKAN OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT POSITIF DAN NEGATIF PADA ANAK DYSCALCULIA LEARNING DI KELAS INKLUSI SDN GAYAM I

Dayat Dayat

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah keadaan nyata di kelas IV SDN Gayam 1 Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro yang ditunjuk oleh pemerintah daerah setempat sebagai SD Inklusi di mana ABK (Dyscalculia learning) ada di dalamnya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ; 1) deskripsi penggunaan keping muatan dalam pengenalan operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat positif dan negatif pada anak dyscalculia learning, dan 2) adanya peningkatan prestasi belajar matematika pada anak dyscalculia learning untuk materi perkalian dan pembagian bilangan bulat positif dan negatif dengan menggunakan keping muatan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian subjek tunggal (single subject research) dan prosedur penelitian menggunakan desain eksperimen untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap perubahan tingkah laku, teknik analisis data yang digunakan berdasarkan data yang diamati dalam bentuk analisis grafik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penggunaan keping muatan mampu meningkatkan keaktifan belajar anak dyscalculia learning dalam belajar, dan 2) prestasi belajar matematika pada materi operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat positif dan negatif pada anak dyscalculia learning lebih meningkat dengan menggunakan keping muatan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan garis bilangan.Kata Kunci : Kelas inklusi, keping muatan, Dyscalculia learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.