ANALISIS PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SMP N 5 JANAPRIA LOMBOK TENGAH

Ahmad Danial Mintareja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan alat peraga sebagai sumber belajar matematika di SMPN 5 Janapria Lombok tengah. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang ditujukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Subjek penelitian adalah guru matematika kelas VII. Pengumpulan data dilakukan secara jarak jauh melalui via telepon dengan teknik wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru di SMP N 5 janapria Lombok tengah menggunakan alat peraga disetiap materi pelajaran, baik alat peraga yang sudah disediakan maupun alat peraga buatan dan di lingkungan belajarnya. Setiap penyajian materi pokok, guru matematika kelas VII SMP N 5 Janapria Lombok tengah selalu menggunakan alat peraga. Penggunaan alat peraga yang dilakukan oleh guru SMP N 5 Janapria Lombok tengah sangat bermamfaat bagi guru sendiri dan peserta didik. Pembelajaran menggunakan alat peraga berarti mengoptimalkan fungsi seluruh pancaindra peserta didik untuk meningkatkan efektivitasnyaKata kunci: Matematika, Alat peraga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.