ANALIS PEMANFAATAN LEMBAR KEGIATAN SISWA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 LAMBITU

Aska Muta Yuliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan komponen Lembar Kegiatan Siswa (LKS), kesesuaian antar komponen LKS dan bagaimana pemanfaatan LKS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Lambitu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru matematika kelas VII SMP Negeri 1 Lambitu. Data berupa LKS pokok bahasan segitiga. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) komponen LKS tidak lengkap yang ditunjukan dengan tidak adanya identitas siswa, alokasi waktu dan langkah kerja LKS; 2) komponen tujuan pembelajaran dengan rangkuman materi yang diberikan tidak sesuai. Kemampuan peserta didik memahami pengertian segitiga, kemampuan mengidetifikasikan sifat-sfiat segitiga istimewa, jumlah sudut-sudut segitiga, dan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga tidak disebutkan dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, dan 3) pemanfaatan LKS bertujuan untuk memudahkan peserta didik memahami konsep segitiga, tetapi peserta didik kesulitan memahami bahasa indonesia yang ada di LKS, karena bahasa yang sering digunakan adalah bahasa daerah. LKS diberikan ketika proses pembelajaran dan dikerjakan secara berkelompok. LKS yang dibuat guru tidak mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik.Kata kunci: sumber belajar, LKS, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.