TUGAS MENULIS (WRITING TASK) SEBAGAI KEGIATAN PERFORMANSI YANG MENDUKUNG KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Atik Dina Fitria, Purwanto Purwanto

Abstract


Pengetahuan merupakan produk pengolahan pikiran, dimana kemampuan berpikir sangat diperlukan untuk mengolah informasi. Kegiatan perolehan pengetahuan yang terjadi masih diarahkan pada kegiatan menampung informasi dari guru dalam bentuk penyaduran tulisan guru, pengerjaan soal hanya dari guru dan mengingat informasi tanpa dituntut memahami hubungannya dengan kehidupan. Dampaknya siswa kaya  informasi, tetapi sulit mengkomunikasikan ide dalam pikiran. Dalam NCTM komunikasi merupakan faktor penting dalam pembelajaran matematika dan merupakan salah satu tujuan kurikulum inti matematika. Sehingga adanya kesulitan mengkomunikasikan ide atau gagasan matematika dapat menjadi masalah yang perlu disikapi. Penyebabnya adalah kemampuan menulis siswa yang merupakan bagian dari aspek komunikasi belum dikembangkan secara optimal. Pengembangan keterampilan berkomunikasi tulis dapat diwujudkan dengan memberikan kegiatan performansi-unjuk kerja dalam menulis. Pemberian performansi dalam tugas menulis (writing task) dapat dilakukan pada semua tahap kegiatan pembelajaran. Tugas yang diberikan dapat berupa menuliskan definisi suatu konsep dengan kalimat sendiri, menuliskan prosedur penyelesaian soal, menyusun pertanyaan tentang kesulitan dalam menyelesaikan soal serta mengungkapkan perasaan dan pengalaman selama belajar. Dengan adanya tugas menulis diduga kuat akan membantu guru untuk mengklarifikasi gagasan dan pemahaman yang dicapai siswa.Berdasarkan pengkajian beberapa kepustakaan, maka tulisan ini bertujuan untuk memaparkan secara teoritis tentang kegiatan performansi  yang mendukung komunikasi matematis`siswa dalam bentuk tugas menulis (writing task).Kata Kunci:  Tugas menulis, writing task, performansi, komunikasi matematis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.