STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Aniek Widajanti

Abstract


Tulisan  ini  akan  membahas  tentang  reciprocal  teaching  dan  peranannya dalam  meningkatkan  kemampuan  berpikir kritis  siswa.  Strategi reciprocal  teaching merupakan  suatu  strategi pembelajaran  di  mana  dalam  pembelajaran  tersebut  diawali  dengan membaca  bahan  bacaan  yang  disediakan,  kemudian  dilanjutkan  dengan  melaksanakan empat  strategi  yaitu:  merangkum  bacaan,  mengajukan  pertanyaan,  menjelaskan,  dan memprediksi materi maupun permasalahan lanjutan. Dalam pembelajaran tersebut siswa secara  bergantian  berperan  seolah-olah  menjadi  guru  menggantikan  peran  guru  untuk memimpin  pembelajaran  dalam  kelompoknya,  sedangkan  guru  berperan  sebagai fasilitator dan pembimbing yang melakukan scaffolding. Kemampuan  berpikir  kritis  menjadi  kemampuan  yang  sangat diperlukan agar siswa sanggup menghadapi perubahan keadaan atau tantangan-tantangan di dalam kehidupan  yang  selalu  berkembang.  Namun demikian,  dalam  pembelajaran  matematika  di  sekolah  selama  ini  belum  banyak  memberikan kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengembangkan  kemampuan  ini. Stategi reciprocal teaching merupakan strategi pembelajaran yang  memanfaatkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa, yang diantara kegiatan belajarnya adalah membuat  pertanyaan dan menjelaskan  kembali  dalam  kelompok, dan kegiatan ini  sangat  berperan  dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.Kata kunci: reciprocal teaching, pembelajaran matematika, berpikir kriti

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.