Profil Pemahaman Siswa Terhadap Simbol, Huruf, Dan Tanda Pada Aljabar Ditinjau Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking

Dewina Restika Ayuni, Siti Inganah, Ahsanul In’am

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap aljabar. Pemahaman terhadap simbol, huruf dan tanda merupakan salah satu proses yang penting untuk dikembangkan pada pembelajaran matematika khususnya pembelajaran aljabar. Pemahaman tersebut dapat berkembang dengan baik dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking. Fungsi kognitif RMT dikategorikan dalam 3 level yaitu level 1 (level berpikir kualitatif), level 2 (level berpikir kuantitatif), dan level 3 (level berpikir relasional abstrak). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Godanglegi. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yang ditentukan berdasarkan hasil tes kemampuan matematika siswa. Masing-masing satu orang siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kemampuan matematika tinggi hanya tidak mampu mencapai fungsi kognitif RMT pada level 2. Siswa dengan kemampuan matematika sedang, tidak mampu mencapai fungsi kognitif pada level 3. siswa dengan kemampuan matematika rendah, tidak mampu mencapai fungsi kognitif pada level 1, level 2, dan level 3.Kata kunci:  Pemahaman, simbol huruf dan tanda pada aljabar, Fungsi Kognitif RMT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.