PROFIL KONEKSI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

Imam Saifuddin, Siti Inganah, Mahfud Effendi

Abstract


Setiap siswa memiliki keunikan yang berbeda-beda. Salah satu keunikan yang jadi perhatian dalam tulisan ini adalah gaya kognitif reflektif dan impulsif siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII-A SMPN 1 Palang Kabupaten Tuban yang memiliki gaya kognitif reflektif  dan impulsif. Adapun indikator koneksi matematika siswa yang dimaksud peneliti yaitu 1) mencari hubungan antara berbagai representasi konsep dan prosedur, 2) memahami hubungan antar topik matematika, 3) menggunakan matematika dalam bidang studi lain atau kehidupan sehari-hari, 4) memahami representasi ekuivalen konsep yang sama, 5) mencari koneksi satu prosedur lain dalam representasi yang ekuivalen, 6) menggunakan koneksi antar topik matematika serta antara topik matematika dengan topik lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes matching familiar figures test (MFFT) yang merupakan tes untuk mengetahui gaya kognitif siswa, tes kemampuan koneksi matematika serta wawancara berbasis tes. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa yang dipilih dari ketiga instrument di atas, serta mampu berkomunikasi dengan baik sehingga dapat  mengemukakan pendapat secara lisan maupun tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa reflektif lebih bisa memenuhi indikator dari koneksi matematika. Sedangkan siswa Impulsif kurang mampu dalam memenuhi semua indikator tersebut.Kata Kunci:  Koneksi Matematika, Gaya Kognitif, Reflektif dan Impulsif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.