PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BENDA GEOMETRI LINGKARAN (STUDI KASUS di KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BALIKPAPAN)

Rike Fujiana

Abstract


Problematika pembelajaran menggambar benda geometri khususnya lingkaran sering dialami oleh siswa sehingga menyebabkan prestasi belajar rendah dan tidak memuaskan.  Berbagai macam problematika yang dihadapi siswa terlihat dari kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. Penulisan artikel ini bertujuan:  1) Untuk mengetahui   apa saja yang dihadapi siswa kelas XI IPS dalam menggambar benda geometri khususnya lingkaran, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menggambar benda geometri (lingkaran) dan 3) Untuk mengetahui dan mencari solusi dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa dalam menggambar benda geometri (lingkaran). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Balikpapan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Data problematika siswa diperoleh dari hasil tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis diberikan kepada 26 siswa dengan 4 butir soal. Jawaban siswa yang salah diidentifikasi dan diklasifikasikan ke dalam bentuk kesalahan yang dilakukan siswa. Hasil penelitian ini adalah ketidakmampuan merealkan gambar benda geometri (lingkaran) berdasarkan soal, siswa cenderung kurang teliti dalam mengerjakan soal atau memahami soal sehingga terjadi kesalahan dalam menggambar lingkaran serta siswa tidak mampu menghubungkan persamaan lingkaran yang didapat dengan gambar yang dibuatKata kunci:  Problematika pembelajaran, benda geometri, lingkaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.