PERAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Helni Zeniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dan respon peserta didik yang melakukan tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan obsevasi. Hasil penelitian ini adalah peran tutor sebaya didalam kelas  sangatlah penting. Peran tutor sebaya ini sangat membantu peserta didik untuk berusaha aktif memahami materi meskipun bukan melalui bertanya kepada guru melainkan kepada temannya. Bagi penanya dapat mengatasi kesulitannya, sedangkan pemberi tutor dapat belajar untuk mengkomunikasikan apa yang dipikirannya. Manfaatnya bukan hanya pada pasangan tutor sebaya saja melainkan bagi guru matematika juga yaitu membantu mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga respon yang didapat dari peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi sebagai pemberi tutor dan peserta didik yang memiliki kemampuan rendah sebagai penanya sangat baik.Kata Kunci: tutor sebaya, kemampuan matematika, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.