PERAN GURU LES DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Lailatus Sa’ada

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru les dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah empat peserta didik kelas IX SMP At-Taroqie Malang yang mendapat les tambahan belajar di luar jam sekolah dan satu orang guru les. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa guru les memiliki peran yang sangat baik. Hal ini terlihat dengan adanya guru les peserta didik merasa lebih nyaman untuk bertanya tentang materi yang belum dipahaminya. Selain itu peserta didik lebih mampu berkonsentrasi untuk belajar dengan guru les karena jumlah peserta didik yang lebih sedikit.Kata kunci: peran guru les, kesulitas belajar, peserta didik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.