PERAN DAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Dwi Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan kompetensi guru dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Tulin Onsoi. Adapun metode yang digunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru matematika yang berperan dan berkompetensi dalam proses pembelajaran matematika, pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan peran dan kompetensi guru dalam proses pembelajaran belum semaksimal mungkin dan tidak efektif disebabkan ketidakhadiran guru didalam proses pembelajaran dan kompetensi guru tidak maksimal dimiliki guru baik berupa kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi sosial dan kompetensi professional. Guru tidak selalu menyiapkan RPP dan tidak pernah menggunakan model, metode dan strategi pembelajaran sehingga hasil belajar siswa sangat rendah, jauh dibawah kriteria ketuntasan minium dan sumber belajar sangat minim disebabkan daerah terdepan,terluar dan tertinggal.Kata kunci: peranguru, kompetensi guru, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.