Penggunaan Sumber Belajar Matematika di SLBN Oelmasi Kupang NTT

Restu Anjarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi penggunaan sumber belajar matematika di sekolah-sekolah yang menjadi tujuan program SM3T. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara tak terstuktur dan mengumpulkan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar matematika yang digunakan SLBN Oelmasi Kabupaten Kupang NTT adalah 1) guru; 2) buku; 3) ruang kelas; 4) alat peraga; 5) papan tulis; 6) alat bantu dengar; 7) peserta didik; 8) lingkungan. Pemanfaatan media peraga dan lingkungan sangat membantu dalam proses belajar mengajar siswa berkebutuhan khusus. Karena dapat menumbuhkan pemahaman konsep yang baik pada peserta didik terutama dalam hal perhitungan penjumlahan, pengurangan dan perkalian, penggunaanya yang dibuat secara inisiatif dari kreatifitas guru dan digunakan sesuai dengan materi pembelajaran.Kata kunci: sumber belajar, matematika, sekolah luar biasa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.