Penggunaan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Matematika di SMP IT Al-Qimmah Jenggik Lombok Timur

Sastro Wijoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber belajar yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Jenggik. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang ditujukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Subjek penelitian adalah guru pelajaran matematika kelas VII. Pengumpulan data dilakukan melalui via telepon dengan teknik wawancara tak berstruktur dan dokumentasi sumber belajar. Hasil penelitian bahwa guru pelajaran matematika menggunakan sumber belajar diantaranya adalah buku, media lingkungan sekitar. Pada pelaksanaanya buku dan LKS selalu digunakan pada setiap pertemuan dan minimnya ketersedian media pembelajaran disekolah maka lingkungan sekitar sering digunakan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran, guru juga mengaitkan materi dengan konteks kehidupan sehari-hari dalam menanamkan konsep kepada peserta didik. Kurikulum yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidika karena kurikulum 2013 belum cocok digunakan disebabkan kondisi yang terbatas.Kata Kunci: Sumber belajar, Pembelajaran, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.