PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI REACT MATERI MENYELESAIKAN MASALAH MENGGUNAKAN KONSEP HIMPUNAN DAN DIAGRAM VENN UNTUK SISWA KELAS VII

Nurul Saila

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan strategi REACT pada materi menyelesaikan masalah menggunakan konsep himpunan dan diagram venn untuk siswa kelas VII SMP, yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.  Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar (THB). Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model 4D Thiagarajan, yang meliputi empat tahapan, yaitu: mendefinisikan(define), merancang(design), mengembangkan(develope) dan penyebaran(disseminate). Kriteria validitas perangkat pembelajaran ditentukan oleh penilaian perangkat pembelajaran oleh validator. Kriteria kepraktisan perangkat pembelajaran ditentukan oleh penilaian observer terhadap aktivitas kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran dan kriteria kefektifan perangkat pembelajaran ditentukan oleh proporsi siswa yang  mencapai kriteria tuntas belajar. Dari penelitian ini dihasilkan perangkat pembelajaran dengan strategi REACT pada materi menyelesaikan masalah menggunakan konsep himpunan dan diagram venn untuk siswa kelas VII SMP, yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.Kata Kunci:  Perangkat Pembelajaran, Strategi REACT.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.