Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Module Matakuliah Kalkulus I Untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning dan Individual Learning Mahasiswa

Sunismi Sunismi, Abdul Halim Fathani

Abstract


Tujuan penelitian ini tersusunnya media pembelajaran electronic module matakuliah kalkulus I untuk mengoptimalkan student centered learning dan individual learning mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (developmentĀ  research). Model yang digunakan Four-D, meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Deskripsi hasil pengembangan sesuai model Four-D, yaitu Tahap Define, berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen, sebagian besar mahasiswa merasa sulit mempelajari mata kuliah kalkulus I, dikarenakan dosen menggunakan buku teks (dalam buku teks disajikan konsep secara abstrak), sehingga sulit dipahami. Perlu dikembangkan bahan ajar yang mudah dipahami, salah satunya electronic module. Tahap Design, perancangan draft awal electronic module kalkulus I, dengan sistematika: pendahuluan (kata pengantar, petunjuk penggunaan electronic module, deskripsi materi, prasyarat, tujuan pembelajaran), kegiatan belajar, meliputi: uraian materi dan contoh soal, latihan soal (secara interaktif), rangkuman, uji kompetensi (secara interaktif), kunci jawaban, umpan balik, daftar rujukan. Tahap Develop, tahap penyusunan prototipe electronic module, yaitu terbentuknya draft electronic module, kemudian dilakukan uji coba pada ahli desain dan media pembelajaran, ahli konten, praktisi (dosen kalkulus I), dan uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil uji coba pada dua ahli, praktisi dan kelompok kecil tersebut diperoleh hasil bahwa electronic module kalkulus I valid, sehingga layak sebagai panduan belajar mahasiswa.Kata Kunci: electronic module, Kalkulus I, Student Centered Learning, Individual Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.