PENERAPAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA UNTUK MEMAHAMI KONSEP BARU

Habibur Rahmad

Abstract


Materi matematika dapat disusun secara heirarki mulai dari yang paling sederhana sampai komplek. Konsep baru didapat dari pengetahuan awal yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pengetahuan awal siswa untuk memahami konsep baru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara kepada guru matematika sekolah. Wawancara yang digunakan mengetahui kemampuan guru dalam menggunakan pengetahuan awal matematika siswa untuk memahami konsep baru. Hasilnya saat memulai menjelaskan pengetahuan baru perlu diperhatilkan materi apa yang akan disampaikan, materi apa yang menjadi prasyarat atau pengetahuan awalnya dan perencanaan pembelajaranya. Pengetahuan awal atau materi prasyarat dapat digunakan dalam memahami materi baru. Pengetahuan baru juga dapat dipakai memprediksi kemampuan siswa. Banyak cara untuk mengetahui pengetahuan awal siswa, tergantung dari tujuannya. Siswa dengan kemampuan awal yang baik dapat mengalami kesulitan dalam memahami materi baru. Sebaliknya siswa yang kurang mampu dapat memahami materi baru jika diberikan penjelasan terlebih dahulu.Kata kunci: pengetahuan awal, matematika, konsep baru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.