PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 11 MALANG

Ilham Maulid Fatchurrozi

Abstract


Kurikulum 2013 yang diterapkan pada tahun ini menggunakan dasar pendekatan saintifik yang berpusat pada proses dan bukan pada hasil. Melalui interaksi self learning, peserta didik tidak akan pasif dan saling berbagi informasi dengan teman sebaya. Hal ini sangat dipengaruhi oleh aktivitas mengajar guru yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dan aktivitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kualitatif, sehingga didalam penelitian ini tidak terdapat grafik, skala, dan perhitungan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 September 2014 – 27 September 2014 pada subyek penelitian yaitu peserta didik kelas VII G SMPN 11 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas peserta didik selama dua kali pertemuan aspek mengamati terlaksana sangat baik, aspek menanya, hari pertama sudah mencapai kriteria sangat baik, tetapi pada hari kedua mencapai kriteria cukup baik. aspek menalar sudah terlaksana secara penuh dan mencapai kriteria sangat baik. Pada aspek mencoba, terdapat satu indikator yang belum tercapai dan mencapai kriteria baik. Aspek membuat jejaring sudah tercapai secara penuh dan mencapai kriteria sangat baik. (2) Indikator pada aspek-aspek aktivitas guru sudah terlaksana secara sangat baik dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Penggunaan media pada kegiatan inti tidak selalu nampak pada pembelajaran sehingga kegiatan mengamati dilaksanakan tanpa menggunakan media.Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Aktivitas peserta didik, aktivitas guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.