PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

Lila Puspitasari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Pembelajaran kooperatif tipe TSTS mengaktifkan siswa dalam belajar matematika secara  berkelompok maupun individual, karena banyak aktivitas yang menuntut siswa untuk  belajar berkomunikasi secara lisan maupun tertulis. Langkah-langkah model pembelajaran ini mendukung pembelajaran berpusat pada siswa, terbiasa berfikir, bekerja sama,  mengemukakan pendapat, menjalin komunikasi antarsiswa dan antara guru dengan  siswa. Salah satu  indikator bahwa keberhasilan siswa dalam  belajar matematika adalah siswa mampu melakukan komunikasi matematika dengan baik. Komunikasi matematika merupakan kemampuan siswa dalam memahami, menyatakan dan menafsirkan gagasan matematika secara lisan maupun tertulis. Kemampuan komunikasi juga merupakan salah satu aspek penting agar siswa mempunyai kemampuan memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK), pengambilan data dilakukan dari dokumen pekerjaan siswa dan hasil observasi. Hasil analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa secara tertulis maupun secara lisan. Kata kunci: PTK, pembelajaran kooperatif tipe TSTS,  komunikasi matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.