PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Mika Ambarawati

Abstract


Pendekatan matematika realistik (PMR) merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran matematika. Melalui pembelajaran realistik ini siswa dapat belajar matematika dengan lebih mudah dan menyenangkan. Pada pembelajaran matematika realistik siswa dapat belajar dengan lebih konkret karena siswa langsung belajar melalui kehidupan kesehariannya. Dengan pendekatan matematika realistik (PMR) dalam pembelajaran matematika maka siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir. Adapun berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir yang perlu dimiliki oleh setiap siswa. Melalui berpikir kritis ini, setiap orang dapat meningkatkan kemampuan bernalar dalam menghadapi suatu permasalahan. Berpikir kritis timbul karena dalam pembelajaran matematika  adanya  suatu masalah yang memerlukan ide-ide lain dalam penyelesaian, tetapi tidak seperti penyelesaian  masalah secara umum. Begitu juga dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis terdapat 4 tahapan, yaitu klarifikasi, asesmen, inferensi, dan strategi. Siswa yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis maka dapat mudah memahami konsep suatu materi pembelajaran matematika, misalnya konsep sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Selain itu, siswa akan lebih mudah menyelesaikan variasi soal-soal yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Kata Kunci:  Pendekatan matematika realistik, kemampuan berpikir kritis, dan konsep sistem persamaan linear dua variabel.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.