PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA SWASTA NURUL FALAH KEFAMENANU

Mega Suliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan sumber belajar apa saja yang digunakan oleh guru matematika dan penggunaannya selama proses pembelajaran, serta sumber belajar apa yang paling efektif terhadap proses pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas Swasta Nurul Falah Kefamenanu, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, yang menjadi tujuan program sarjana mengajar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis dokumen dan analisis traskrip wawancara. Hasil penelitian didapat bahwa pemanfaatan sumber belajar yang digunakan guru sudah baik diantaranya yaitu: 1) guru; 2) buku paket; 3) lembar kerja siswa; 4) media melalui madding; 5) media flash; dan 6) lingkungan. Semua sumber belajar yang digunakan oleh guru sangat efektif dikarenakan saling menguatkan satu sama lain.Kata Kunci: sumber belajar, matematika, proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.