PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN BLANG SUKON PIDIE JAYA ACEH

Ninda Ika Murniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan sumber belajar yang digunakan di SDN Blang Sukon Pidie Jaya, Aceh dalam proses pembelajaran dan sumber belajar yang efektif selama proses pembelajaran matematika. Tahap penelitian meliputi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar yang digunakan di SDN Blang Sukon Pidie Jaya, Aceh adalah perpustakaan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) berupa LCD proyektor. Buku-buku di perpustakaan dimanfaatkan secara baik oleh siswa dan guru SDN Blang Sukon Pidie Jaya, Aceh. Media pembelajaran berupa LCD proyektor hanya digunakan pada waktu pemberian motivasi siswa kelas 6, cerdas cermat dan latihan tari tetapi tidak digunakan untuk proses pembelajaran di kelas. Antara kedua sumber belajar tersebut, perpustakaan adalah sumber belajar yang efektif di SDN Blang Sukon Pidie Jaya, Aceh.Kata kunci: sumber belajar, matematika, pemanfaatan perpustakaan, pemanfaatan teknologi         

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.