PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PASCASARJANA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Intan Ayu Sari Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan perpustakaan perguruan tinggi sebagai sumber belajar mahasiswa pascasarjana pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah tiga mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika yang menjadi anggota perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini di fokuskan pada pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Data penelitian dikumpulkan melalui hasil Wawancara tak terstruktur; bertujuan untuk memperoleh informasi secara langsung dari subjek penelitian tentang pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa pascasarjana pendidikan matematika. Dokumentasi (Documentation); bertujuan untuk memperoleh data atau rekaman langsung terkait kondisi di lapangan. Hasil penelitian bahwa Mahasiswa pascasarjana jarang memanfaatkan perpustakaan dikarenakan banyak kesibukan, salah satunya adalah mengajar. Ada juga mahasiswa pascasarjana yang tidak mengajar, salah satu penyebab mereka jarang memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar dikarenakan mahasiswa tersebut dapat memanfaatkan internet atau wifi yang telah disediakan oleh kampus sehingga mahasiswa tersebut dapat mencari referensi melalui via internet. Akan tetapi perpustakaan merupakan sumber belajar yang utama bagi mahasiswa pascasarjana baik perpustakaan pusat maupun perpustakaan prodi dengan tujuan mencari sumber referensi berupa junal dan buku lainnya.Kata kunci: pemanfaatan, sumber belajar, perpustakaan,

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.