PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI GURU SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH BINAAN FKIP UMM

Yus Mochamad Cholily, Agung Deddiliawan Ismail, Alfiani Athma Putri Rosyadi

Abstract


Fakta di bebrapa SD Muhammadiyah menunjukkan bahwa dalam kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran berupa RPP, guru mengalami kesulitan dalam menyatukan berbagai kompetensi dasar dari berbagai mata pelajaran. Perangkat pembelajaran berupa bahan ajar yang seharusnya disediakan oleh pemerintah, berupa bukuĀ  siswa dan buku guru, tidak sepenuhnya dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran di kelas tidak disertakan penggunaan media pembelajaran, baik media sederhana maupun media yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Minimnya pengetahuan dan banyaknya kendala yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah, maka diperlukan pelatihan dan pendampingan bagi guru tentang pelaksanaan pembelajaran tematik.Pelaksanaan pembelajaran tersebut meliputi menyusun perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik. Hal ini dimaksudkan untuk menyiapkan guru sekolah dasar dalam menyambut kurikulum 2013. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pelatihan pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013. Setelah itu dilanjutkan dengan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran. Sebagai tindak lanjut guru mengimplementasikan perangkat yang telah disusun dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pelatihan dan pendampingan nantinya akan memberi dampak pada: (a) pembaharuanpengetahuan bagi guru kelas atas terkait dengan penyusunan perangkat pembelajaran, (b) peningkatan produktifitas guru kelas atas dalam pembuatan media pembelajaran, (c) peningkatan kemampuan guru dalam menyusun alat evaluasi (d)peningkatan kegiatan pengembangan ilmu, teknologi.Kata kunci: Pelatihan, Pendampingan, Tematik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.