Efektifitas Model Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (PMBP) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Zainal Abidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan menilai efektifitas model pembelajaran matematika berbasis  portofolio  pada siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP). Penilain efektifitas model ini dilakukan dengan menjalankan desain eksperimen.  Penelitian dilakukan di SMP Wahid Hasyim Malang dengan materi persamaan linear dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil uji pretest dan posttes kelompok eksperimen, diperoleh hasil pretest kelompok eksperimen dengan nilai rata-rata  63.18, hasil posttest kelompok eksperimen dengan rata-rata 72.58, t = -7.430  dengan sig. =  0.001 < 0.05 yang berarti  terdapat perbedaan rata-rata pretest dan rata-rata posttest pada kelompok eksperimen ( pemberian perlakuan/treatment model PMBP berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika); (2) hasil uji posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh hasil  posttest kelompok kontrol dengan nilai rata-rata 67.65, hasil posttest kelompok eksperimen  dengan nilai rata-rata 72.58,  t = -2.889 dengan sig. =  0.005 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model PMBP lebih efektif dibandingkan model konvensional. Hasil kajian ini dapat dipertimbangkan untuk dipergunakan sebagai model alternatif dalam  pelaksanaan pembelajaran persamaan linear dua variabel di SMP.Kata-kata kunci: model pembelajaran, portofolio matematika, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.