MODEL KONSTRUKTIVISTIK PADA PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR BERBANTUAN MEDIA TANGRAM

Mochamad Rofik

Abstract


Teori belajar konstruktivistik menekankan bahwa proses belajar  merupakan proses menemukan atau menciptakan pengetahuan sesuai dengan konteks tertentu. Konstruktivistik mempercayai belajar adalah tanggung jawab mandiri siswa dan lebih menitikberatkan pada proses mendapatkan pengetahuan daripada hasil. Salah satu materi yang diajarkan di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) adalah materi luas bangun datar. Berlandaskan hasil analisa, model pembelajaran konstruktivistik sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai model pembelajaran pada materi luas bangun datar dan merujuk teori perkembangan kognitif, perkembangan kemapuan berfikir siswa SMP merupakan fase peralihan dari tahap berfikir konkrit menuju tahap berfikir formal sehingga penggunaan media konkrit seperti Tangram merupakan hal yang relevan. Makalah ini merupakan studi literatur yang mendeskripsikan model pembelajaran konstruktivistik pada materi luas bangun datar dengan bantuan media Tangram.Kata Kunci:  Model Pembelajaran, konstruktivistik, tangram, luas, bangun datar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.