Model E-book Interaktif Bidang Geometri Analitis untuk Meningkatkan Budaya Belajar Mandiri Mahasiswa Program Pendidikan Matematika

Zainal Abidin

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menghasilkan model bahan perkuliahan Geometri Analitis dalam bentuk interactive electronic book (e-book) untuk meningkatkan budaya belajar secara mandiri sehingga kompetensinya baik pada mahasiswa prodi Pendidikan Matematika. Kajian ini merupakan  penelitian pengembangan (development research) yang mencakup langkah-langkah sebagai berikut: (1) Studi pendahuluan; (2) Perancangan dan pengembangan produk; dan (3) Pengujian dan penilaian produk (model). Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa lebih tertarik perkuliahan geometri analitis yang menggunakan bahan ajar dalam bentuk elektronik interaktif (interactive e-book) yang banyak melibatkan dirinya dalam pembelajaran. Hasil perancangan dan pengembangan produk (model) berupa (a) draft model e-book interaktif dalam bidang Geometri Analitis,  (b) panduan dosen, dan (c) petunjuk mahasiswa,  yang dirancang  dan dikembangkan secara sistematis dengan berpegang pada prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran. Hasil pengujian dan penilaian produk (model) menunjukkan bahwa model e-book interaktif geometri analitis memenuhi kriteria model yang valid, praktis dan efektif. Hasil penilaian  mahasiswa terhadap e-book geometri analitis yang telah dilakukan diuji coba kepada mahasiswa menunjukkan respon yang baik.Kata-kata kunci: pengembangan, e-book interaktif,  geometri analitis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.