KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMA DITINJAU DARI PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DIBANDINGKAN MEDIA PAPAN TULIS

Yanto Yanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematika siswa SMA peminatan MIPA ditinjau dari penggunaan media pembelajaran power point dibandingkan menggunakan media pembelajaran papan tulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Batu kelas XI peminatan MIPA dengan sampel penelitian berjumlah 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa kemampuan sedang dan 1 siswa kemampuan rendah. Penelitian dilaksaankan setelah kenaikan kelas tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan media sosial BBM. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran power point yang digunakan tidak selalu efektif dalam menunjang proses pembelajaran matematika, siswa SMA peminatan MIPA lebih mudah memahami materi matematika dengan menggunakan media pembelajaran papan tulis.Kata kunci: kemampuan pemahaman, pembelajaran matematika, power point, papan tulis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.