KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN-ENDED

Siti Miftakhul Muflihah

Abstract


Tujuan analisis ini adalah mendiskripsikan kemampuan untuk berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan soal open-ended. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data meliputi observasi, tes, dan wawancara. Analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa untuk kategori tinggi pada sehingga pada semua aspek secara umum tidak mengalami kesulitan. Kemampuan berpikir kreatif siswa untuk kategori sedang pada aspek berpikir lancar, aspek berpikir luwes dan aspek berpikir orisinal berada pada kriteria baik. Sedangkan kemampuan pada aspek berpikir elaboratif berada pada kriteria sangat baik, artinya siswa dapat memperinci penjelasan dengan tepat. Kemampuan berpikir kreatif siswa untuk kategori rendah secara keseluruhan berada pada kriteria kurang baik. Secara keseluruhan untuk siswa kemampuan rendah masih perlu pembinaan.Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, pemecahan masalah matematika, soal open-ended

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.